<<" SELAMAT DATANG DI CIJOLANG MANIA ... CINTAI SUNGAI SEBAGAI ASET BERHARGA DEMI KELANGSUNGAN KEHIDUPAN BUMI DIMANA KITA TINGGAL " >>...STOP EXPLORASI DAN EXPLOITASI SUNGAI CIJOLANG - STOP PEMUTASAN/PORTAS DAN PENYETRUMAN IKAN DI SUNGAI CIJOLANG !!!

Monday, March 26, 2012

Cara/Teknik Memancing di Air yang Mengalir Deras

Cara/Teknik  Memancing di Air yang Mengalir Deras. Memancing adalah suatu hobi yang sangat unik. Pada kesempatan ini Cijolang Mania akan membahas atau bisa dikatakan berbagi bagaimana cara/teknik memancing di air yang mengalir deras khususnya sungai dengan arus deras.

Sebelum kami membahas kepada pokok bahasan, mungkin sekedar mengingatkan bahwa terdapat beberapa spesies ikan yang hidup di aliran air arus deras. Diantaranya adalah Nilem Mangut, Balar (lalawak), Bebeong, Jeler, Paray, Moa (Lubang; dalam bahasa kami), Hampala, Beunteur (wader) dan masih banyak jenis spesies lainnya.

Pada dasarnya cara/teknik memancing pada aliran air deras hampir sama seperti mancing pada umumnya baik di kolam pemancingan ataupun di laut yang berarus sedikit tenang. Namun ada beberapa cara berbeda diantaranya adalah :

1. Peralatan
Untuk peralatan yang digunakan dalam memancing diarus deras, kita bisa menggunakan joran (jeujeur; dalam bahasa kami) yang agak lentur, itu dikarenakan kebanyakan ikan di sungai belum kita ketahui, kecil atau besarnya dan pada umumnya adalah ikan-ikan kecil. Untuk senar/kenur yang digunakanpun ukurannnya jangan terlalu besar, tapi ukuran kecil dengan kualitas tinggi. Untuk mata pancing/kail pun jangan terlalu besar, kecuali jika target memancing kita adalah ikan-ikan besar seperti Bebeong dan Hampala, cukup ukuran 1 – 2,5 saja, dan yang paling penting adalah pemberat/timah, untuk mancing di air yang arusnya deras kita mesti menggunakan pemberat/timah dengan bobot lumayan tetapi juga harus disesuaikan dengan kecepatan derasnya air tersebut. Kita bisa menggunakan pemberat kisaran 2 – 6 gram untuk di sungai,jika untuk di laut mungkin dapat disesuaikan lagi. Untuk umpan tentu saja harus kuat dan kenyal, agar tahan terhadap derasnya aliran air ( bisa dibaca pada Umpan Nilem mangut dan Umpan Ikan Balar )


2. Cara/Teknik
Ada 2 cara untuk memancing di air dengan aliran yang deras. Pertama adalah digantung ; cara ini digunakan dengan memasang target ikan-ikan yang senang memakan lumut/makanan di tepian batu atau cadas, ini biasanya untuk sungai yang berstruktur batu/cadas. Caranya letakan joran dengan ujung joran mendekati air dan untuk senarnya sendiri diusahakan kira-kira jangan mencapai dasar sungai (sesuaikan dgn kedalaman sungai/lubuk). 



Cara kedua adalah dengan sistem lempar jauh, maksudnya kail kita lempar jauh ke sungai/lubuk yang berarus deras dan membiarkan kail, umpan dan pemberat mencapai dasar sungai/lubuk. Untuk cara ini pemberat/timah yang digunakan harus berat/berbobot agar tidak terbawa arus sungai yang sangat deras.
Itulah beberapa cara/teknik memancing di sungai dengan aliran air deras, mungkin cara-cara yang telah kami uraikan di atas masih jauh dari sempurna, mengingat begitu banyak cara/teknik dalam memancing di arus deras. Uraian dari kami mungkin hanyalah sebagian kecil teknik bagi para mancingers sungai arus deras, untuk lebih pasnya lagi silahkan anda exlpole lagi dan bila ada car/teknik la yang berbeda mohon ketersediannya berbagi kepada kami, semoga bermanfaat dan selamat memancing..!

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, jangan sungkan ...