<<" SELAMAT DATANG DI CIJOLANG MANIA ... CINTAI SUNGAI SEBAGAI ASET BERHARGA DEMI KELANGSUNGAN KEHIDUPAN BUMI DIMANA KITA TINGGAL " >>...STOP EXPLORASI DAN EXPLOITASI SUNGAI CIJOLANG - STOP PEMUTASAN/PORTAS DAN PENYETRUMAN IKAN DI SUNGAI CIJOLANG !!!

Thursday, March 8, 2012

Umpan Mancing Ikan Balar/Lalawak

Salah satu indikator pendukung yang paling penting dalam memancing adalah umpan. Keistimewaan umpan sangatlah perlu diperhatikan karena tentu saja ikan tidak akan nyangkut begitu saja di kail jika tidak kita iming-imingi dengan umpan. Banyak sekali  ramuan dan komposisi untuk membuat  umpan.
Cijolang Mania kali ini akan berbagi tips Umpan Mancing Ikan Balar/Lalawak. Umpan yang satu ini tentu saja berbeda dengan umpan-umpan untuk ikan kolam, karena karakteristik ikan sungai juga sangat berbeda dengan ikan kolam, walaupun pada dasarnya ikan sungai itu tidak pilih -pilih umpan. Tapi pada kenyataannya Ikan di sungaipun  tahu mana umpan yang lebih disukai dan mana umpan yang biasa-biasa saja. Untuk memancing Ikan Balar/Lalawak di sungai dengan aliran air yang sangat deras tentu saja membutuhkan ramuan dan komposisi yang teliti. Selain komposisinya yang sesuai, tingkat kekenyalannya pun harus diperhatikan agar umpan tersebut tidak cepat lebur ketika dilempar ke dalam aliran sungai yang deras. 
Sebenarnya ada beberapa umpan untuk memancing ikan balar/lalawak, tergantung dari kondisi air sungai itu sendiri. salah satu contoh misalnya ketika kondisi air sungai keruh sehabis hujan, balar/lalawak akan lebih suka jika kita menggunakan umpan alami salah satu contohnya adalah umpan udang atau cacing. Untuk udangnya sendiri balar/lalawak lebih menyukai udang kupas dan untuk umpan cacing balar/lalawak sangat menyukai jenis cacing kandang atau cacing sampah(gereme) dan cacing sawah(goot).
Namun lain ceritanya jika kondisi air sungai sedang jernih, balar/lalawak tentu saja lebih suka umpan buatan atau ramuan dari bahan-bahan dengan aroma menyengat. 
Berikut adalah Resep Umpan Mancing Ikan Balar/Lalawak :      
 
Bahan-bahan :
 
Jagung manis 2 tongkol (tidak muda tidak tua)
Telor bebek 2 butir
Keju Kraft 1/4 batang
Ubi jalar kukus/rebus 1 buah  
Bungkil kira-kira 100 gram yang sudah dihaluskan
sebagai bahan perekat kekenyalan umpan jangan lupa tambahkan tepung terigu secukupnya!
 
Cara Pengolahan :
Semua bahan seperti jagung manis, keju kraft diparut dan bungkil digilas terlebih dahulu(dihaluskan). Sedangkan untuk telur bebek diambil kuningnya saja.
Apabila semua bahan telah siap, campurlah jagung dengan kuning telur, keju parut, bungkil, dan ubi kukus/rebus.
Bahan-bahan yang telah dicampur diaduk hingga rata, termasuk tepung terigu sebagai penyeimbang kekenyalan (diusahakan untuk terigu tidak terlalu banyak karena akan terlalu kenyal)kemudian dimasukkan ke dalam kantung plastik berukuran ½ kg, dan siap untuk digunakan mancing
 
Catatan :
Umpan ini akan lebih maksimal jika digunakan 1 minggu kemudian, karena akan matang dengan aroma yang menyengat.

Selamat mencoba!

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, jangan sungkan ...