Jumat, 16 Agustus 2013

Cara Memakai Scarf Pramuka

Baru-baru ini ada yang baru dalam perlengkapan atau atribut tambahan seragam pramuka selain setangan leher pramuka putri yang sama dengan setangan leher putra (pada perubahan seragam pramuka terbaru), yaitu scarf pramuka, walaupun memang sejauh ini belum ada aturan resmi tentang kewajiban mengenakan scarf  pramuka. Apakah scarf pramuka itu? Jika diartikan secara umum, scarf  adalah sebuah pita yang berbahan kain yang dikenakan di bahu, sekitar leher atau kepala. Jadi scarf pramuka adalah scarf yang digunakan dalam kegiatan kepramukaan atau segala kegiatan yang berhubungan dengan pramuka. Lalu apa bedanya dengan setangan leher pramuka? Bisa dibilang sama, hanya saja penggunaan setangan leher pramuka biasanya menggunakan ring sedangkan scaf pramuka menggunakan simpul dan simpul yang digunakan adalah simpul persahabatan (Brotherhood atau Friendship Knots).   


Scarf pramuka dipakai sebagai simbol atau tanda kepramukaan, jadi jika kita tidak sedang memakai seragam pramuka pun sah-sah saja, asalkan baju yang dikenakan berkerah. Untuk pemakaian scarf dengan simpul persahabatan, berikut adalah langkah-langkahnya :

1.  Silangkan kedua ujung scarf/setangan leher


2. Buatlah loop yang cukup besar di belakang sisi scarf/setangan sebelah kiri


 3. Masukkan sisi yang panjang (bukan sisi yang di buat loop tadi) ke dalam (ke arah tubuh kita) / melingkari loop tadi (tidak di masukkan ke dalam loop)


 4. Baru kemudian masukkan hasil kita di nomor 3 ke loop yang sudah kita buat pertama tadi dan kencangkan

 5. Hasilnya akan nampak seperti tangan yang saling menggengam pergelangan tangan orang lain

Itulah langkah-langkah memakai scarf pramuka dengan menggunakan simpul persahabatan, untuk lebih jelasnya lagi silakan kakak-kakak baca tentang Cara Membuat Simpul Persahabatan dengan gambar animasi.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, jangan sungkan ...