Kamis, 04 Juli 2013

Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Kwarcab Ciamis 2013

Sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan wawasan Pembina Pramuka dalam membina peserta didik agar tercapainya tujuan gerakan Pramuka maka, diperlukan pendidikan dan latihan (kursus) untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sehingga mengerti dan memahami serta ikut memiliki gerakan Pramuka sehingga sadar secara sukarela membantu baik moril maupun materiil terhadap pelaksanaan pendidikan dan latihan di dalam gerakan Pramuka. Selain itu, diharapkan pula muncul Pembina Pramuka yang memiliki pengalaman dalam hal Kepramukaan serta memahami ide dasar Kepramukaan. Tidak sekedar memandang pendidikan kepramukaan sebagai pelengkap kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, melainkan mendudukan pendidikan kepramukaan dalam sistem pendidikan nasional, yaitu sebagai subsistem pendidikan persekolahan (formal). Untuk itu diperlukan kursus Pembina Pramuka mahir Tingkat Dasar bagi Pembina Pramuka.




Kegiatan KMD KWAR CAB CIAMIS 2013

1. Adapun peserta kegiatan KMD Kwarcab Ciamis tahun 2013 yaitu Pembina Pramuka Tingkat SMP dan SMA   se Komisariat 1 s/d 11.
2. Acara KMD ini diselenggarakan di dua tempat yaitu untuk Komisariat 1 s.d. 4 mengambil tempat di SMP N 7 Ciamis, sedangkan untuk Komisariat 5 s.d. 11 bertempat di SD Negeri 1 Kalipucang. 
3. Waktu pelaksanaan KMD dimulai Tanggal 2 Juni s/d 6 juni 2013.

Salah satu pelatih ( Kak Idis ) KMD Kwarcab Ciamis sedang memberikan materi

Materi KMD berikut RTL KMD (contoh) bisa di download di Grup KMD KWARCAB Ciamis 2013




KURIKULUM KMD


Sejak tahun 2011, Kwartir Nasional telah melakukan perubahan tentang pedoman kursus bagi Pembina Pramuka Mahir baik tingkat dasar maupun lanjutan. Perubahan ini dilakukan dalam rangka upaya peningkatan pendidikan kepramukaan dan sebagai langkah nyata revitalisasi Gerakan Pramuka sehingga Pusdiklat mampu menyediakan Tenaga pendidik yang berkualitas.

Kurikulum dan materi kursus disesuaikan dengan keadaan masa kini, yang merupakan penyempurnaan dari pedoman kursus pembina sebelumnya  ( No. 090 tahun 2001).
Berikut ini adalah kurikulum berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Nasional nomor : 200 tahun 2011 tentang Pedoman Panduan Kursus Pembina Pramuka Mahir.
Image

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, jangan sungkan ...