<<" SELAMAT DATANG DI CIJOLANG MANIA ... CINTAI SUNGAI SEBAGAI ASET BERHARGA DEMI KELANGSUNGAN KEHIDUPAN BUMI DIMANA KITA TINGGAL " >>...STOP EXPLORASI DAN EXPLOITASI SUNGAI CIJOLANG - STOP PEMUTASAN/PORTAS DAN PENYETRUMAN IKAN DI SUNGAI CIJOLANG !!!

Wednesday, November 7, 2012

Jenis-jenis Sumber Daya Alam


Seperti kita ketahui bumi kita memiliki sumber daya alam yang tak terhingga banyaknya, baik berupa kekayaan laut, hutan, tanah, lahan-lahan pertanian yang subur, kekayaan barang tambang, serta berbagai keanekaragaman flora dan fauna. Tidak terkecuali sungai juga sebagai salah satu sumber daya alam yang mempunyai aset yang berharga yang kadang tidak kita sadari. Berkaitan dengan itu, pada kesempatan ini Cijolang Mania akan mencoba membahas tentang jenis-jenis sumber daya alam.
Dengan potensinya yang berbeda-beda di setiap wilayah, keberadaan sumber daya alam ini memiliki produktivitas yang berbeda-beda pula disetiap negara. Dalam suatu hal, mungkin suatu wilayah atau negara memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, sementara dalam hal lain mungkin sangat minim, bahkan tidak ada sama sekali.
Jadi yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah apa yang dimaksud dengan sumber daya alam dan jenis-jenis sumber daya alam tersebut.
Adapun Sumber Daya Alam (SDA) dibagi kedalam tiga jenis, berikut adalah jenis-jeni sumber daya alam :
1.    Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya
-  SDA yang Dapat Diperbaharui (Renewable)
SDA yang dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang apabila dimanfaatkan dan habis maka dapat dilestarikan kembali. Sumber daya alam ini dapat bereproduksi dan memiliki daya regenerasi (pulih kembali). Contohnya air, tanah, tumbuhan dan hewan. Karena sumber daya alam bersifat terbatas, maka tetap harus dijaga kelestariannya. Pelestarian ini berfungsi agar keseimbangan ekosistem dapat terjaga.
-  SDA yang Tidak Dapat Diperbaharui (Non Renewable)
SDA yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang apabila dimanfaatkan atau digunakan sampai habis maka sumber daya alam itu tidak dapat dilestarikan kembali, seperti emas, batu bara, minyak bumi, tembaga dan lain-lain.
-  SDA yang Tidak Akan Habis
SDA yang tidak akan habis merupakan sumber daya alam yang tidak akan habis sehingga jika kita manfaatkan sebesar-besarnya SDA ini tidak akan habis dan akan terus ada, seperti udara, sinar matahari, energi pasang surut dan energi laut.
2.    Sumber Daya Alam Berdasarkan Potensinya
-  Sumber Daya Alam Materi
Sumber daya alam materi merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan oleh manusia dalam bentuk fisiknya, seperti batu, besi, kayu, kapas dan sejenisnya.
-  Sumber Daya Alam Energi
Sumber daya alam energi merupakan segala sesuatu yang berasal dari alam yang dimanfaatkan dari segi energi yang dihasilkan, seperti sinar matahari, barang tambang, kincir angin, batu bara, minyak bumi dan lain-lain.
-  Sumber Daya Alam Ruang
Sumber daya alam ruang merupakan sumber daya alam yang berupa ruang atau tempat hidup, contohnya adalah hamparan tanah atau daratan dan ruang angkasa.
3.    Sumber Daya Alam Berdasarkan Jenisnya
-  Sumber Daya Alam Hayati (Biotik)
Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang dihasilkan dari makhluk hidup (hewan atau tumbuhan). Contohnya adalah hasil pertanian, perkebunan, peternakan, pertambakan dan perikanan.
-  Sumber Daya Alam Non Hayati (Abiotik)
Sumber daya alam non hayati merupakan sumber daya alam yang tidak berasal dari makhluk hidup atau disebut abiotik, contohnya adalah air, tanah, dan barang tambang.
Demikianlah pembahasan Cijolang Mania kali ini tentang Jenis-Jenis Sumber Daya Alam. Mari kita manfaatkan dan lestarikan sumber daya alam kita seefektif dan seefisien mungkin, demi masa depan anak dan cucu kita, tanamkanlah kepada mereka rasa cinta kepada alam. Kita sendiri, marilah kita cintai alam kita sebagaimana kita mencintai diri kita sendiri, karena kita manusia yang mempunyai nilai-nilai kemanusiaan.  

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

3 comments:

Silahkan berkomentar, jangan sungkan ...