<<" SELAMAT DATANG DI CIJOLANG MANIA ... CINTAI SUNGAI SEBAGAI ASET BERHARGA DEMI KELANGSUNGAN KEHIDUPAN BUMI DIMANA KITA TINGGAL " >>...STOP EXPLORASI DAN EXPLOITASI SUNGAI CIJOLANG - STOP PEMUTASAN/PORTAS DAN PENYETRUMAN IKAN DI SUNGAI CIJOLANG !!!

Thursday, March 8, 2012

Umpan Mancing Ikan Mas/Galatama

Postingan Cijolang Mania kali ini adalah resep Umpan Mancing Ikan Mas/Galatama. Mengingat banyak sekali resep dan variasinya, maka Cijolang Mania hanya sekedar berbagi sebagian kecil saja resep tersebut, karena kami yakin para angler senior yang lain juga mempunyai berbagai macam resep yang lebih ajip. 
Berikut ada 2 (dua) resep yang biasa digunakan untuk Mancing Ikan Mas/Galatama :
1. Umpan Mancing Ikan Mas/Galatama I :

Bahan-bahan :
5 butir telur ayam
½ kg tepung ketan
Daun pandan beberapa helai
Pelet secukupnya
Cara membuat :
Hancurkan 5 butir telur dan aduk isinya sampai lebur ( tidak terlalu berbusa ), tambahkan sedikit air agar tidak terlalu pekat, lalu masukan tepung ketan kedalam kocokan telur. Selanjutnya bungkus adonan yang telah jadi tersebut dengan daun pandan dan kukus hingga matang. Kini umpan tersebut telah siap anda gunakan untuk mancing, baik untuk galatama maupun di kolam harian.

2. Umpan Mancing Ikan Mas/Galatama II :
Bahan-bahan :
Jagung manis 5 tongkol Telor bebek 5 butir
(tidak muda tidak tua)
Keju Kraft 1/4 batang Kacang mede 1/4 ons
Kelapa 1/4 butir Susu Kental 1/4 kaleng
Vanili Secukupnya Daun pandan 2 lembar
Ubi 1 buah Tuna 1 kaleng
Kroto secukupnya
Cara Pengolahan :
Semua bahan seperti jagung manis, keju kraft dan kelapa diparut terlebih dahulu. Sedangkan untuk kacang mede terlebih dahulu digoreng dan selanjutnya digilas sampai halus, dan telur bebek diambil kuningnya saja.
Apabila semua bahan telah siap, campurlah jagung dengan kuning telur, keju parut, kacang mede, susu kental, vanili, perasan daun pandan dan santan kelapa yang diperas tanpa menggunakan air.
Bahan-bahan yang telah dicampur diaduk hingga rata, kemudian dimasukkan ke dalam kantung plastik berukuran ½ kg.
Adonan didalam plastik diikat rapat pada ujungnya agar bentuk adonan menjadi pipih dan rata dalam mematangkannya. Plastik dirangkap dua agar dalam pengukusan tidak pecah. Selanjutnya adonan dikukus selama 3-4 jam. Sebelum dimasak, daun pandan sepanjang 10 cm sebaiknya dimasukkan pada setiap kantung.
Untuk mendapatkan hasil yang rata dalam pengukusan sebaiknya setelah 1,5 jam adonan diangkat, kemudian ditekan hingga pipih dan dimasak kembali dengan posisi terbalik.
Setelah 3-4 jam, adonan umpan akan berwarna kuning pertanda sudah matang dan berbentuk pipih, tidak terlalu keras ataupun lembek.
Umpan kuning yang telah siap dicampur dengan 1 buah ubi rebus untuk dicampur dan diaduk sampai rata. Setelah semua rata, masukkan 1 kaleng tuna untuk dicampur hingga rata.
Masukkan kroto secukupnya ke dalam adonan, diaduk hingga rata.

Resep umpan kuning ini dapat bertahan hingga 1 minggu. Selamat mencoba!!!!!!!

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, jangan sungkan ...