<<" SELAMAT DATANG DI CIJOLANG MANIA ... CINTAI SUNGAI SEBAGAI ASET BERHARGA DEMI KELANGSUNGAN KEHIDUPAN BUMI DIMANA KITA TINGGAL " >>...STOP EXPLORASI DAN EXPLOITASI SUNGAI CIJOLANG - STOP PEMUTASAN/PORTAS DAN PENYETRUMAN IKAN DI SUNGAI CIJOLANG !!!

Monday, September 17, 2012

Bendungan Matenggeng, Membendung Sungai Cijolang?


Kabar Pembangunan Bendungan/Waduk Matenggeng atau membendung Sungai Cijolang ternyata bukan kabar burung semata, dari beberapa sumber yang Cijolang Mania temui dan dapatkan, bahwa rencana pembangunan tersebut akan terlaksana dalam waktu dekat. Hal itu terbukti dengan tercantumnya Proyek Pembangunan Bendungan/ Waduk Matenggeng pada Lampiran MASTERPLAN, PERCEPATAN DAN PERLUASAN PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA 2011-2025 – Republik Indonesia, Daftar Investasi Infrastruktur yang Teridentifikasi di Koridor Jawa, halaman 200. 

Pada MASTERPLAN disebutkan bahwa nama proyek tersebut adalah Pembangunan Matenggeng PS 443 MW, dengan Nilai Investasi Proyek RP. 2.876.000.000,-  Periode mulai tahun 2013 dan periode selesai tahun 2018, untuk  lokasi Provinsi Jawa Tengah.

Sumber kedua kami dapatkan dari website resmi Kecamatan Dayeuhluhur, yang merupakan salah satu kecamatan yang sebagian wilayahnya akan tergenang oleh Waduk/Bendungan Matenggeng. Berikut adalah kutipan berita yang kami dapatkan dari http://kec-dayeuhluhur.com :
 
PERTEMUAN KONSULTASI MASYARAKAT (PKM) PRA STUDI KELAYAKAN BENDUNGAN MATENGGENG
 
“Beberapa perwakilan masyarakat dan pejabat pemerintahan hadir di pendopo Kecamatan Dayeuhluhur. Beberapa pejabat yang hadir diantaranya Plh. Camat Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap, Camat Cilebak Kabupaten Kuningan, Sekretaris Kecamatan Rancah, Sekretaris Kecamatan Tambaksari, pejabat dari SATKER Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy, Kepala desa, ketua BPD dan tokoh masyarakat dari desa-desa yang direncanakan wilayahnya akan tergenang serta konsultan dari PT. Jasapatria Gunatama Bandung. Kegiatan berlangsung dari pukul 13.00 sampai dengan 15.30 Wib. Pihak Balai besar wilayah Sungai Citanduy mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu kegiatan dalam rangka menampung aspirasi dari perwakilan masyarakat berkaitan dengan adanya rencana pembangunan bendungan (waduk) Matenggeng. Berdasarkan penjelasan dari pihak Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy, survey terhadap rencana pembangunan bendungan matenggeng pernah dilaksanakan 2 kali yaitu pada tahun 1969 dan pada tahun 1989 oleh konsultan dari Amerika. Selanjutnya dijelaskan bahwa pembangunan Bendungan Matenggeng yang luas genangannya mencapai 1970,59 hektar dengan ketinggian air atau kontur elevasi mencapai 200 meter akan menggenangi sebagian desa di 4 kecamatan. Beberapa desa yang sebagian wilayahnya akan tergenang adalah untuk Kecamatan Dayeuhluhur meliputi Desa Dayeuhluhur, Matenggeng, Ciwalen, Bolang, Kutaagung, Datar, Cijeruk dan Desa Bingkeng. Masih menurut pihak Balai Besar bahwa tujuan utama pembangunan Bendungan Matenggeng adalah dalam rangka pengendalian banjir. 

Peta aliran Sungai Cijolang, rencana Bendungan Matenggeng

Adapun kegiatan lain dari adanya pembangunan bendungan tersebut adalah :

1. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang diperkirakan akan menghasilkan 20 – 30 Mega Watt.

2. Pengairan irigasi untuk menambah volume air yang diperkirakan dapat mengairi 16.000 Hektar.

3. Untuk mencukupi kebutuhan air baku

4. Sebagai tempat wisata.

Namun demikian dijelaskan lebih lanjut bahwa proses perjalanan pembangunan Bendungan Matengeng masih panjang karena masih harus melalui tahapan kegiatan diantaranya survey langsung ke masyarakat, kegiatan LARAP dan kegiatan AMDAL. Sebagian besar peserta yang hadir menyatakan setuju terhadap rencana pembangunan bendungan tersebut namun harus betul-betul dikaji secara komprehensip baik dampak positif maupun dampak negative dari pembangunan waduk tersebut. Disamping itu dengan adanya pembangunan waduk yang akan merelokasi banyak kepala keluarga juga harus dicarikan solusi yang paling baik supaya tidak menyengsarakan masyarakat.”

 
Dan sumber yang terakhir kami dapatkan dari Informasi Proyek BALAI BESAR WILAYAH SUNGAI CITANDUY, berikut adalah rinciannya :
Jumlah Satuan Kerja dan Alokasi Dana Tahun 2013
Satminkal : Direktorat Jenderal Sumber Daya Air


Nama Satuan Kerja : BALAI BESAR WILAYAH SUNGAI CITANDUY

Nama Pimpinan : SYAHRIAL AHMAD, ST. MSc.


Nama PPK : PPK PERENCANAAN DAN PROGRAM

PPK : DARSU, ST.

Alamat : Jln. Prof. DR. Ir. H. Sutami No. 1 Tlp./fax (0265) 741302 Banjar Jawa Barat 46300 Email bbw
Lokasi : Kota Banjar-Jawa Barat


 


Komponen
:
PERENCANAAN TEKNIK


Sub Komponen/Paket
:
DETAIL DESAIN BENDUNGAN MATENGGENG DI SUNGAI CIJOLANG (TAHAP 1)


Lokasi
:
Sub Das Sungai Cijolang


Rupiah Murni
:
1,200,000,000


Pinjaman Luar Negeri
:
0


Tujuan
:
melanjutkan pekerjaan Pra Study Kelayakan Bendungan Matenggeng di Kabupaten Cilacap guna mendapatkan Detail Desain atau perencanaan yang lengkap, sehingga didapatkan harga konstruksi yang sesuai dengan aspek teknis, sosial ekonomi dan berwawasan lingkungan


Lingkup
:
Mengkaji kembali lokasi as bendungan, tipe, serta tata letak bendungan dan bangunan fasilitas lainnya


Manfaat
:
untuk Pengembangan Irigasi (Intensifikasi Extensifikasi) seluas 16.000 Ha, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebesar 24.50 MW, Flood Control (pengendalian banjir), Penyediaan Air Baku untuk Air Bersih, Perikanan, Pariwisata.konsevasi dan lain sebagainya


Lama Pelaksanaan
:
210


Jadwal Lelang



a.
Tgl Pengumuman
: 9 Desember 2011


b.
Tgl Prakualifikasi
: 12 Desember 2011


c.
Tgl Undangan Aanwizing
: 14 Desember 2011


d.
Tgl Penjelasan Aanwizing
: 15 Desember 2011


e.
Tgl Penawaran
: 16 Desember 2011


f.
Tgl Pengumuman Pemenang
: 1 Maret 2012


g.
Tgl Penunjukkan Pemenang
: 19 Maret 2012


 
Baiklah Sahabat Cijolang Mania, kita semua masih menunggu tindak lanjut dari proyek tersebut, kita berharap apabila  pembangunan tersebut terwujud, semoga proyek tersebut dibangun dengan maksud dan tujuan pembangunan demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. Amiin ...


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, jangan sungkan ...